Orriginale posted in Prides Online Forum, untuk melihat tulisan saya di forum motor pulsar silahkan klik disini -> PRIDES ONLINE
Alhamdulillah…
Ada yang nyasar di bengkel kami lagi, kali ini pulsar 180 cc milik Mr. J, Pertama datang hanya sekedar ingin modifikasi camshaft, walah… belum diapa2in kok nyandak noken as boss. Dalam buku graham bell aja urutannya cylinder head (port polished) dulu baru nggarap kem. Setelah saya sarankan untuk melakukan head work complete : port-polished head, tata ulang rasio kompresi, sekaligus cammed up ternyata pak boss mau, dan dia bilang ” Lho, disini bisa porting polished juga toh “, kemudian saya noleh ke rumah, waduh… iya-ya bengkel gubuk gak ada special tool kok berani nawarin port-polished, serius apa becanda, gitu kalee dalam hati. “Oh bisa kok boss, tenang aj”, sambil mbatin… belum tau kalo bor tuner ku yang dari dus itu tak keluarin sih.. hehehehe..
Ok, pimp my ride di mulai, halah…
Menurut banyak bocoran, porting p180 itu bentuknya bulat baik inlet maupun exhaust. Jadi saya bisa sedikit bernafas lega dan tenang. Jadi sambil bersiul-siul dan menghisap starmild dengan nikmatnya, dibuka lah cylinder head nya… Jrieennggg… kaya gua angker, gelap gulita. Kemungkinan kalau bawa cewe kemari bisa dimarahin orang tuanya nih gelap banget hehehe..
Akhirnya kita gosok perlahan-lahan dengan tangan supaya tidak berubah dulu struktur porting standardnya, mumpung lagi santai, sambil menyanyikan sound track, “Tak gendong.. kemana-mana… ” Asikk.. reggae abiss, katrok.. wkwkwk 5 menit berlalu.. 10 menit berlalu.. 15 menit berlalu… Ini kerak atau cat dalam porting sih kok susah ngilanginnya… tidaaakkk… T_T
Setelah berjuang hebat, Clinnggg.. terbukalah desain aslinya. KOK LUARNYA BULAT DALEMNYA KOTAK?! Oalah yo.. pancet ae insinyur bajaj ini gak suka liat orang seneng selalu buat pusing. Tapi mau dirubah bulat total wong ini motor harian, nanti kalo portingnya nggembos kegedean trus kudu minta piston gede, karburator gede, ahhh… pokoke ciri porting kegedean menyakitkan yang nyeting juga T_T Apalagi ini kan mau pake karburator standard vacum?! Weeesss… daripada stres, dan pastinya bingung cari referensi porting kaya gini. Hajar aja jeh, lubang porting luar ikut hitungan velocity biasanya, betzzz dapet 28mm yang dalem kiri-kanan boss klep dibuat beradius agak lembut dikit agar tidak terlalu kotak.
Porting Exhaust dibikin kinclong as ussual supaya endapan kerak karbon tidak cepat nempel boss.. Ukurannya 100 % diameter klep exhaust, lhadalah standardnya aja udah lebih gede dari 26mm. Jadilah deh port ex nya 27mm alias 103 % dari klep exhaust… ampun mbah Graham Bell, jangan marah ya… :p
Jadilah seperti ini :
Dan beberapa customize pada cylinder block _ piston _ noken as… set up karburator pakai busi transparan Gunson Colortune, atau BRT IMAX (lha special tool ku adanya cuma ini). yah cukup sekian di topic port-polished head. Yang jelas tukang bubut nya protes waktu customize piston bajaj, kok gak dibuat balap aja mas, nih baja nya keras banget dan kuat banget dibanding tiger / scorpio. kata tukang bubut lho, tar ada orang Honda yang marah… wkwkkwkwk…
Testimonial tanya yang mencicipi dan yang punya saja, saya gak bisa naik motor… (Barusan tadi sore dibalap topspeed nya ama Mr. H) Saya pulang test ride dengan bangga bisa lari sekian, eh dicoba Mr. H dengan bobot lebih dari saya malah topspeed nya + 10kpj diatas saya.
Stress mau tidur dulu… T_T
—————————————————————————————————————————————-
Piston bukan lagi originale bajaj malah, karena sudah saya customize lagi wkkwkwkwk Oh, yeaahh.. Ini tukang bubut ngikutan foto, si Unyil dari bengkel MarQsa dengan logonya : Libazz Abizz..!!! heheheh motto nya serem… kikikiki…
kalau mengira 67mm nya yang bikin bertenaga… waktu datang biasa2 aja, setelah dilihat sudut nya tidak imbang antara derajat piston standard dengan squish pada cylinder head. Makanya didesain ulang sekalian bikin custom coakan piston. Pokoknya piston kalau ditancapin di head mak plung, nancep ora ngganjel.. Wkwkwkkw…
a litle secret lainnya : cam di jompa-jampi dikiiittt… kapok main extreme dah takut dimarahi boss H tuh
Piston malah kegedean kok boss… untuk ukuran klep 30/26, habis lebaran mungkin jadi gedean dikit. Ngareeeppp…
Keep Brotherhood.
Untuk melihat testimonial bahagia bisa klik disini
R.A.T MOTORSPORT INDONESIA
Desa Tropodo Indah Blok N no.26 – 28
Waru – Sidoarjo
contact us! 085645577007
mail us : dragswega201@yahoo.com
be our friend @ facebook : SWEGA RAT , WAWAN RAT.