Wednesday, April 8, 2009
boleh berpendapat dari sisi yang berbeda ..?
gw cuma mencoba berpikir simple dan logis... (soalnya ga tau masalah teknis mesin)
menurut gw,
mesin di design dengan mempertimbangkan aspek performence dan durability
performa yg bagus dan daya tahan mesin yg lama adalah impian semua orang
(performa = kenceng + irit bahan bakar)
daya tahan mesin biasanya menjadi prioritas utama.
soalnya kalo mesin baru bentaran udah rusak.. pasti image orang langsung
men-judge bahwa mesin itu "jelek"
sedangkan dalam performa,
masalahnya adalah : mesin kenceng akan membutuhkan bahan bakar yg banyak
contoh :
=> mesin 200cc lebih kenceng dari 125cc, dan lebih kenceng darri 100cc, lebih kenceng dari 50cc
=> mesin 200cc lebih boros bbm dari 125cc, dan lebih boros dari 100cc, lebih boros lagi dari 50cc
jadi semua itu adalah masalah harmonisasi / keseimbangan antara input dengan output nya ...
kalau kita menginginkan sesuatu yg lebih dari mesin standard pabrik,
kelihatannya kita juga harus mengorbankan hal lain nya ... (harmonisasi)
kalo saran simple gw dari pertanyaan bro R adalah :
kalau targetnya mau irit.. pilihlah motor yg cc nya kecil ...
ada benarnya yg disarankan oleh bro lain dengan 'memperbaiki' kinerja mesin dengan
menggunakan produk Xado contohnya ...
tapi coba dihitung lagi ... berapa harga produk tersebut ...?
berapa lama lapisan Xado itu bisa bertahan di mesin ..?
bandingkan dengan jumlah pengiritan bahan bakar yang diinginkan ...
kalo memang ternyata masih menguntungkan sih patut di coba ...
soalnya gw berpendapat : hasil dari Xado akan optimal jika memang
permukaan cylinder blok sudah cacat / renggang...
tapi gimana pengaruhnya kalo mesin kita masih bagus, masih baru,
belum ada cacat dan masih standard ...?
saran simple dari gw yg lainnya adalah :
dengan mengganti pilot jet & main jet dengan ukuran yg lebih kecil ...
tapi tetap harus mengorbankan : motor jadi ga bisa kenceng..
malah mungkin jadi brebet dan bahkan merusak mesin pada akhirnya
karna sekali lagi : keseimbangan mesin tidak tercapai ...
menurut gw,
kalau mau lebih irit dari yg sudah dicapai (48km/liter atau dari sisi pengeluaran uang )
cara berkendara seperti yg bro Z sampaikan adalah yg terbaik
mengingat mesin AX masih baru dan standard abis...
lagi pula km yang ingin dicapai tidak selisih jauh dari biaya yg dikeluarkan ...
kalo hitungan premium Rp4500/liter
(4500 / 48 x 60) - 4500 = Rp.1125 (cuma nambah segini aja bro biar mencapai 60km)
tapi kalau targetnya adalah bener2 irit bahan bakar,
saran gw adalah : gunakan teknologi fuel injection
gw yakin bisa dapet tuh 55km atau 60km / liter
seperti halnya motor supra injection atau shogun injection..
kalo ga salah bisa dapet 62km/liter deh ...
tapi masalahnya : muahal tuh teknologinya ...
============================================
lepas dari hal-hal diatas...
masalah harmonisasi mesin juga akan berlaku sebaliknya ketika kita ingin motor kita lebih kenceng
dari standard pabrik ...
kalo motor mau lebih kenceng, yg ideal adalah dengan melakukan bore up ... (nambahin cc )
tidak lupa dengan menyeimbangkan komponen lain seperti membesarkan diameter karburator
dan juga pembesaran diameter gas buang (knalpot) dan lain2...
finally ... bbm akan lebih boros ...
=============================================
dear all,
hal diatas cuma pendapat pribadi dari otak gw yg rada nyeleneh ..
dan bukan untuk dijadikan perdebatan negatif ..
juga tidak bermaksud untuk menyudutkan dan memancing emosi pihak tertentu
indah-nya demokrasi...
keep on brotherhood...
tengkyu,
----- Original Message -----From: zMohon saran upgrade efisiensi bahan bakar AXBro,...Menghemat BBM tidak hanya sekedar mengganti partnya saja tapi juga dipengaruhi olehcara mengendarinya. Misalnya bukaan gas tidak perlu dipaksa setiap antara gigi 1 - 2 -3 dan seterusnya. kemudian pengereman dengan kopling juga bisa memboroskan BBM. Atau jarang service rutin mungkin bisa menjadikan boros bahan bakar,...salamz
From: R
Mohon saran upgrade efisiensi bahan bakar AX
Dear Bros,
Andai kita ada budget sekitar 300rb, kira-kira part apa aja ya yang bisa kita prioritaskan lebih dulu untuk dibeli dan kita pasang di AX kesayangan kita untuk upgrade efisiensi bahan bakar jadi semakin irit?
Konsumsi bahan bakar AX gw belakangan ini sekitar 48 km/lt, minum Shell Super (dulu waktu awal2, masih sekitar 44 km/lt). Kondisi AX masih 100% standard.
Gw berharap dgn adanya upgrade, bisa 55-60 km/lt.
Mohon pencerahan dari Bro-Bro semua
Sebelum dan sesudahnya, terima kasih untuk bantuannya.
Best Regards,
R
Labels: tentang motor dan otomotif
0 Comments:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)